Berita

Calon Kades Incumbent Harus Lunas PBB

pajak30405b

RANGKASBITUNG – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menegaskan bahwa kepala desa (kades) incumbent yang berniat maju kembali pada pemilihan kepala desa (pilkades) harus lunas pajak bumi dan bangunan (PBB) dan tunggakan beras untuk rakyat miskin (raskin). “Ya, bagi kepala desa yang mau maju lagi diperbolehkan. Tapi, syaratnya PBB dan raskin nya harus lunas terlebih dahulu. Jika tidak dipastikan tidak bisa ikut berkompetisi kembali menjadi orang nomor satu di desa,” kata Iti, kemarin.

Menurut Bupati, pilkades yang akan digelar serentak di 266 desa itu akan meringankan bagi calon kades yang berkantong tipis. Soalnya, pencalonan kades mendatang tidak dikenakan biaya, lantaran telah ditanggung oleh pemerintah daerah. “Calon yang bermodal tipis tapi mendapat kepercayaan dari masyarakat bisa bertarung,” ucapnya seraya menambahkan bahwa saat ini Pemkab sedang mengkaji dan mempelajari Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades, sebelum nantinya dibawa ke DPRD Lebak.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lebak Rusito membenarkan bahwa pilkades serentak di 266 desa akan segera dilaksanakan. Namun, waktu pelaksanaannya setelah ditetapkannya Perda tentang Pilkades. Bila perda selesai pada Februari ini maka pilkades serentak bisa dilaksanakan Maret atau April. “Ya, belum tahu kapan Pilkades digelar. Tapi, kita targetnya Maret-April tahun ini,” katanya, seraya mengatakan, draf perda masih dikaji di bagian hukum.

Kata Rusito, selain bagian hukum, bagian pemerintahan juga mulai menyiapkan Peraturan Bupati tentang petunjuk teknis pelaksanaan pilkades. “Semuanya mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Peraturan Undang-Undang Nomor 6 Tahun tentang Desa.

Sementara Ketua DPRD Lebak Junaedi Ibnu Jarta mengatakan, pihaknya masih menunggu draf raperda pemilihan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa dari Pemkab.
“Kami belum bisa memprediksi kapan pilkades akan digelar, karena raperdanya masih belum ada tanda-tanda untuk dibahas,” katanya. (nce/zis/ags/RB)

sumber : http://www.radarbanten.com/read/berita/10/26433/Calon-Kades-Incumbent-Harus-Lunas-PBB.html
KEMENSOS
Kementrian Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
lpse Kabupaten Lebak
Pemprov Banten
Simonev
Lebakkab