Berita

Konsolidasi Kader AMAN Yang Menjadi Calon Kepala Desa Kab. Lebak Banten

  • Home
  • BERITA UTAMA
  • Konsolidasi Kader AMAN Yang Menjadi Calon Kepala Desa Kab. Lebak Banten
konsolidasi

Lebak 03/08/15 – Dalam rangka menindaklanjuti kerangka aksi mendorong Perluasan Partisipasi Politik Masyarakat Adat Senin (3/8/2015) kemarin, bertempat di Kasepuhan Cicarucub, Desa Neglasari Kecamatan Cibeber Kab. Lebak Provinsi Banten. AMAN menggelar Konsolidasi untuk memenangkan kader – kader pemimpinnya yang akan maju dalam Pilkades Serentak Kab. Lebak Banten tahap pertama yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2015 mendatang.

Kader AMAN yang akan maju bertarung dalam pesta demokrasi ini berjumlah 5 orang yang berasal dari beberapa Kasepuhan diantaranya : Sarinun, dari Kasepuhan Cirompang (Desa Cirompang). Jajang Kurniawan dari Kasepuhan Citorek (Desa Citorek Timur). Ruhendi dari Kasepuhan Cibadak (Desa Warung Banten). Sutarya dari Kasepuhan Cicarucub (Desa Neglasari) serta Dadang Setiawan dari Komunitas Kasepuhan Bayah (Desa Bayah Barat).

Dalam konsolidasi yang dihadiri oleh Sekjen AMAN ini para calon memaparkan kondisi terkini di masing-masing desa, apa saja yang akan dilakukan serta tantangan yang akan mereka hadapi di Pilkades nanti. Sekjen AMAN, Abdon Nababan mengatakan telah mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh masyarakat adat se-Banten Kidul untuk memperkenalkan dan menegaskan bahwa 5 nama yang maju dalam Pilkades adalah kader AMAN yang telah ikut memperjuangkan hak-hak masyarakat adat di Nusantara dalam 16 tahun terakhir.

Abdon juga menegaskan bahwa para kader AMAN ini turut serta menghasilkan UU Desa, Putusan MK No.35 Tahun 2012, serta RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat yang sekarang sudah masuk dalam Prolegnas 2015-2019.

Kelima kader saat ini juga terlibat aktif dalam pembuatan Perda Masyarakat Kasepuhan yang sedang berproses dan akan disahkan tahun ini. Dalam paparan kondisi terkini, masing-masing kader AMAN akan bertarung melawan incumbent di Pilkades 2015.

Untuk menghindari adanya politik uang, maka Sekjen AMAN mengingatkan para kader yang akan maju untuk menghindari dan melawan segala bentuk kecurangan dan cara – cara tidak terhormat dalam proses PILKADES nanti, dan menekankan kepada Masyarakat Adat Kasepuhan, “Menang atau kalah kita harus memastikan proses PILKADES bersih dari politik uang dan pratek – pratek kecurangan,” kata Abdon Nababan ***Titi Pangestu/ Abdi Akbar

 

sumber : http://gaung.aman.or.id/2015/08/04/konsolidasi-kader-aman-yang-menjadi-calon-kepala-desa-kab-lebak-banten/

KEMENSOS
Kementrian Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
lpse Kabupaten Lebak
Pemprov Banten
Simonev
Lebakkab